Kapan Harus Mengunjungi Dermatologis

teriritasi

Kita semua memiliki masalah kecil dengan kulit kita dari waktu ke waktu, mulai dari jerawat hingga gigitan serangga yang teriritasi hingga ruam gatal yang sepertinya tidak akan hilang. Sementara sebagian besar keluhan kulit ringan tidak memerlukan perawatan, ada kalanya melihat dokter kulit penting, jika tidak wajib.
Ini adalah melanoma, atau kanker tahi lalat hitam. Jika Anda memiliki lesi atau tahi lalat yang terlihat mencurigakan, segera kunjungi dokter kulit Anda.

Tapi bagaimana Anda tahu kapan harus menunggu – atau kapan membuat janji? Dokter spesialis kulit

Pertimbangan dasar yang perlu diingat adalah berapa lama Anda menderita penyakit tertentu. Jika Anda memiliki ruam yang tampaknya tidak membaik dalam beberapa hari, Anda mungkin memilih untuk mengunjungi penyedia perawatan primer Anda. Jika Anda masih tidak memiliki kegembiraan, ini mungkin menandakan perlunya menemui spesialis. Demikian pula, masalah yang terus berulang juga dapat mengunjungi spesialis.

Ingat juga sejarah genetik Anda sendiri (lihat di bawah). Orang-orang dengan riwayat kanker kulit dalam keluarga mereka, yang berkulit putih atau cenderung memiliki proliferasi tahi lalat di wajah atau tubuh mereka juga harus membuat janji temu dengan dokter kulit mereka untuk memastikan mereka tetap sehat.

Apa itu dokter kulit?

Seorang dokter kulit adalah seseorang yang tahu segalanya yang perlu diketahui tentang perawatan kulit. Ia tidak hanya akan dapat mendiagnosis masalah Anda, tetapi juga dapat meresepkan krim, obat-obatan dan perawatan untuk menyembuhkannya, atau menjaganya tetap terkendali.

Ada banyak jenis dokter kulit yang dapat mengobati kondisi kulit, rambut, dan kuku, dan yang memiliki spesialisasi khusus di bidang-bidang seperti dermatologi kosmetik, dermatologi anak, dll. Apakah Anda memerlukan perawatan medis, bedah atau kosmetik, mereka harus dapat membantu kamu.

Menurut American Board of Dermatology, dokter kulit dapat membantu dengan kondisi berikut:

* Prognosis dan pengobatan semua jenis kanker kulit, melanoma, tahi lalat, dan tumor kulit lainnya.

* Manajemen gangguan kulit inflamasi tertentu seperti dermatitis kontak, ketika kulit bereaksi setelah terkena alergen tertentu.

* Pengakuan manifestasi kulit penyakit menular dan sistemik tertentu.

* Dermatopatologi, atau prognosis penyakit kulit, seperti infeksi, imunologi dan penyakit menular.

* Teknik bedah yang digunakan dalam dermatologi, seperti koreksi bekas jerawat, pengelupasan kimia dan operasi laser.

* Gangguan kosmetik, termasuk rambut rontok, kulit, dan gangguan terkait penuaan.

Mengapa Melihat Dermatologis?

Alasan untuk mengunjungi dokter kulit meliputi:

* Anda curiga Anda mungkin menderita kanker kulit. Setiap orang harus melakukan pemeriksaan diri secara teratur terhadap tubuh mereka dan mengetahui seperti apa bentuk tahi lalat mereka. Jika Anda memiliki lesi atau tahi lalat yang terlihat mencurigakan, segera kunjungi dokter kulit Anda. Tahi lalat yang terlihat tidak biasa, memiliki batas tidak teratur atau tampak asimetris, telah tumbuh atau berdarah tetapi tidak mengeras harus dilihat segera. Ingat, dengan deteksi dini kanker kulit sering sembuh.

* Anda memiliki faktor risiko kanker kulit. Beberapa orang berisiko tinggi terkena kanker kulit, dan bersamaan dengan pemeriksaan diri secara teratur, Anda juga harus mengunjungi dokter kulit secara teratur untuk memastikan kesehatan mereka tidak berisiko. Faktor-faktor termasuk sejarah pribadi kanker kulit; kerabat dekat dengan melanoma; kulit putih yang cenderung terbakar atau berbintik-bintik; riwayat sengatan sinar matahari atau penggunaan salon tanning; lebih dari 50 mol pada wajah atau tubuh; memiliki tahi lalat yang terlihat tidak teratur, besar, atau asimetris (lihat di atas); penggunaan x-ray untuk jerawat, dan minum obat untuk mencegah radang sendi atau penolakan organ.

* Anda memiliki masalah kulit yang tidak akan hilang. Banyak orang memilih untuk mengobati masalah kulit kecil sendiri. Tetapi jika Anda memiliki ruam yang terlihat mencurigakan atau tidak menanggapi pengobatan konvensional, mungkin saatnya untuk mengunjungi dokter kulit. Dan jika Anda berhasil mengobati keluhan kulit dengan krim over-the-counter tetapi tetap datang kembali, itu juga ide yang baik untuk melihat seorang profesional.

* Kondisi kulit kronis Anda yang tidak berespons terhadap perawatan. Jika Anda memiliki eksim, misalnya, Anda mungkin dapat mengendalikannya dengan pelembab, emolien, atau krim steroid yang dijual bebas. Tetapi jika Anda menemukan kulit Anda tidak merespon dengan baik, atau jika memang eksim semakin terinfeksi, maka mengunjungi dokter kulit adalah pilihan terbaik Anda.

* Anda memiliki masalah kulit kosmetik yang memerlukan perawatan spesialis. Jika Anda memiliki masalah kulit yang menurut Anda akan mendapat manfaat dari intervensi medis, cari bantuan profesional. Tidak disarankan untuk mengunjungi spa med kecuali Anda 100 persen positif bahwa dokter kulit akan merawat Anda. Seorang dokter kulit berlisensi adalah dokter yang disertifikasi oleh American Board of Dermatology, dan mereka memiliki pengalaman medis yang jauh lebih banyak daripada ahli kosmetik dan teknisi rambut!

No comments yet

leave a comment

*

*

*